Sabtu, 17 Januari 2015

Xiaomi Berbasis Leadcore, Satu Lagi Ponsel Terjangkau Pengguna MIUI

Xiaomi Berbasis Leadcore, Satu Lagi Ponsel Terjangkau Pengguna MIUI


15 Januari 2015 bisa dicatat sebagai harinya Xiaomi. Melalui ajang yang diadakan di Beijing, perusahaan manufaktur ponsel ketiga di dunia ini merilis setidaknya 4 perangkat yaitu Xiaomi Mi Note, Xiaomi Mi Note Pro, Xiaomi Mi Box Mini dan Xiaomi Mi Headphone.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang keempat perangkat tersebut karena ternyata Xiaomi masih menyimpan satu device lagi di kantong mereka. Salah satu fitur paling menarik dari perangkat yang disimpan oleh Xiaomi ini adalah digunakannya chipset produksi Leadcore.

Leadcore adalah pembuat chipset asal Cina yang menjadi pilihan Xiaomi setelah lepasnya perjanjian dengan Mediatek tahun 2014 lalu, tidak mengherankan karena sejak Bulan Oktober 2014 Xiaomi memiliki 51% saham di Leadcore.

Dengan menggunakan chipset buatan Leadcore, bisa dibilang Xiaomi memangkas cukup banyak biaya produksi. Hasilnya mulai terlihat dengan perangkat teranyar yang belum diketahui namanya ini. Berdasarkan rumor yang beredar, produk ini akan mulai dipasarkan oleh Xiaomi bulan Februari mendatang dengan harga $80 saja! Berapa itu jika dirupiahkan? 1 juta saja!

Masuk ke TENAA (badan legalisasi yang setara dengan Dirjen Postel-nya Cina) membuka kartu spesifikasi perangkat ini, pertama Xiaomi berbasis Leadcore ini akan memiliki layar 4.7 inchi – mirip dengan Xiaomi Redmi 1S, dengan resolusi 1280 x 720 pixel, menggunakan RAM 1 GB dan memiliki ruang kapasitas penyimpanan dengan luas 8 GB.

Device ini tentunya akan menggunakan chipset Leadcore LC1860C dengan prosesor Quad-core 1.6 GHz dengan arsitektur Cortex-A7 yang akan menjalankan Android 4.4.4 KitKat dengan balutan user interface khas mereka, MIUI. Pengolah grafis yang dipilih oleh Xiaomi untuk perangkat ini adalah Mali T628. Perangkat ini seperti halnya Xiaomi Redmi 1s, akan memiliki kamera 8 MP dan 2 MP di bagian depan dan belakang.

Secara spesifikasi, ponsel ini seakan-akan amat mirip dengan Xiaomi Redmi 2, perbedaan tentunya terletak pada chipset yang digunakan dimana Redmi 2 akan menggunakan chipset kelas dunia Qualcomm Snapdragon 410. Jika harus memilih tentunya Xiaomi Redmi 2 jauh lebih jawara, namun jika kondisi keuangan mepet sepertinya Xiaomi telah membantu menyediakan perangkat yang terjangkau untuk anda.

Mari kita tunggu saja tanggal rilisnya, toh sampai sekarang kita juga belum tahu nama dari perangkat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar