Jumat, 16 Januari 2015

Xiaomi Mi Box Mini, Set-Top Box Portabel Ala Xiaomi


Xiaomi Mi Box Mini, Set-Top Box Portabel Ala Xiaomi


Pesta meriah Xiaomi pekan ini ternyata tidak hanya karena mereka merilis Mi Note dan Mi Note Pro, ada lagi produk yang juga dirilis oleh Xiaomi pada hari yang sama yaitu Xiaomi Mi Box Mini. Perangkat apa ini sebenarnya?

Xiaomi Mi Box Mini adalah satu perangkat portabel mungil yang berfungsi sebagai media streamer atau istilah lainnya set-top box yang tentunya akan menggunakan sistem operasi Android. Mi Box Mini sendiri adalah versi mungil dari Mi Box yang sudah terlebih dahulu diluncurkan. Saking mungilnya, sang empunya Xiaomi Lei Jun yang sedang mempresentasikan perangkat ini dengan berani melemparkannya berulang kali ke udara sembari tersenyum dan bercanda, “kecil sekali, bukan?”. Tentu saja candaan itu langsung disambut tawa oleh para penonton.

Xiaomi Mi Box Mini memang sangat mungil dan fungsinya pun sedikit membingungkan bagi yang tidak mengenal set-top box. Secara gampangnya, set-top box (atau set-top unit) adalah perangkat yang akan menghubungkan perangkat penyaji dan perangkat sumber dimana penyaji ini bisa jadi adalah pesawat televisi atau device lain yang akan menyajikan olah data dari sumber.

Sebagai contoh, kita menghubungkan ponsel cerdas kita dengan set-top box melalui koneksi pilihan lalu perangkat ini dihubungkan lagi ke pesawat televisi. Nah, sekarang kita bisa menonton streaming langsung di layar televisi kita.

Nah Xiaomi Mi Box Mini adalah perangkat yang akan menghubungkan smartphone kita dengan pesawat televisi sebagai penyaji display. Untuk itu Mi Box Mini membutuhkan adaptor penghubung ke listrik untuk sumber daya dan kabel HDMI untuk menghubungkannya ke televisi.

Xiaomi Mi Box Mini menggunakan sistem operasi Android dan mendukung koneksi Bluetooth, Wi-fi, DTS 2.0 dan Dolby Digital Plus. Pada jeroannya terdapat chipset Mediatek dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex A-7 dengan RAM 1 GB dan internal storage 4 GB. Mi Box Mini sanggup memberikan tayangan hingga Full HD 1080 pixel.

Xiaomi Mi Box Mini dilepas pada kisaran harga 300 hingga 500 ribu rupiah.

Selain Mi Box Mini, Lei Jun juga memperkenalkan Mi Headphone yang sesuai namanya, adalah headphone yang memiliki desain semi terbuka dengan bahan Berylium. Untuk kelengkapan headphone ini Xiaomi menyediakan pula gagang dan cover speaker dengan berbagai warna sebagai aksesoris terpisah supaya dapat dibongkar pasang seandainya anda bosan. Mi Headphone akan dijual dengan harga sekitar 1 Jutaan.

Sayangnya masih belum jelas kapan kiranya Xiaomi akan merilis Mi Box Mini dan Mi Headphones di Indonesia.

4 komentar:

  1. Trm ksh Inponya kami tanya apa bisa di hubungkan dgn tv mobil dan bgmana kotanya apa bisa berhubungan dgn anrood

    BalasHapus
  2. wah, menarik juga berati TV tabung juga bisa jadi canggih kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tv tabung mana ada port HDMI gan -_-

      Hapus