Selasa, 11 Februari 2014

Cara Mengganti Akun WhatsApp


Perkembangan gadget yang begitu pesat terutama smartphone memang tidak bisa dipungkiri lagi. Berbagai jenis dan tipe smartphone pun telah membanjiri pasaran, mulai dari besutan vendor lokal sampai besutan vendor ternama dengan harga yang variatif tergantung spesifikasi teknisnya. Operating sistem smartphone yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Symbian, Windows Phone Blackberry, iOs dan Android
Semuanya menawarkan user experience yang berbeda-beda pula. Para pengguna smatphone menggunakan handheldnya untuk beragam keperluan selain untuk telepon dan SMS, antara lain untuk browsing, social media,chatting, game dan lain-lain. Chatting atau instant messaging adalah yang paling sering kita jumpai pada smartphone. 

Media instant messaging pun yang ada pun beraneka ragam,ada yang hanya bisa dipakai pada single platform OS, ataupun yang support multiplatform OS. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang WahtsApp Messenger. Aplikasi ini terbilang cukup banyak dipakai oleh pengguna smartphone untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan internet. Banyaknya pengguna aplikasi, ini selain dikarenakan banyaknya fitur yang ditawarkan, juga karena aplikasi ini support multiplatform operating sistem (Symbian,Windows Phone,Blackberry,iOS dan Android). 

Dengan WhatsAp Messenger ini, kita bisa mengirimkan pesan teks, video, foto, atau suara dengan cara yang cukup mudah, yaitu hanya dengan menambahkan attachment. Penggunaannya pun terbilang cukup mudah, tanpa perlu menambahkan PIN atau sejenisnya untuk saling berkirim pesan, hanya melakukan reistrasi dengan memasukkan nomer telepon yang digunakan pada ponsel tersebut. Pengguna yang telah menginstal WhatsApp Messenger secara otomatis akan mengenali semua kontak yang ada di ponsel yang juga telah menggunakan aplikasi ini, sehingga bisa langsung berkirim pesan. seperti halnya aplikasi sejenins, WhatsApp 

Messenger juga sudah mendukung grup chat serta emoticon yang cukup banyak.Cukup merarik bukan?
Akan tetapi ada kendala yang sering dijumpai pada pemakaian aplikasi WhatsApp Messenger ini, salah satunya adalah apabila ingin mengganti nomor telepon yang dipakai. 

Berikut tips untuk mengatasi hal tersebut. Sebelumnya, pengguna biasanya menghapus akun WhatsApp Messengernya  yang telah terinstal,kemudian meregistrasikan lagi nomor telepon yang baru dengan cara membuat akun baru. Cara ini sangat tidak praktis, ada cara lain yang lebih mudah tanpa harus menghapus akun WhatsApp yang telah terinstal di ponsel. Pertam-tama, ganti kartu (simcard) anda dengan kartu baru yang akan anda pakai. Setelah simcard baru terpasang, buka aplikasi WhatsApp Messenger kemudian buka menu Setting., pilih Account, lalu pilih Change Number. Akan muncul notifikasi seperti ini "Changing your phone number will migrate your account info, groups and setting. Before proceeding, please confirm that you are able to receive SMS or calls at your new number." Jangan takut, semua info serta group yang terdaftar pada akun lama anda tidak akan hilang, hanya nomor akun WhatsApp saja yang akan diganti dengan nomer baru. Sebelumnya, pastikan juga nomor baru yang anda pakai telah teregristrasi dan dapat menerima SMS atau telepon notifikasi yang akan menerima kode konfirmasi.Pilih Next untuk meneruskan. 

Setelah itu,anda akan diminta memasukkan nomor lama dan nomor baru anda, dan bila sudah terisi,klik Done dan tutup aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, apabila SMS konfirmasi sudah diterima, masukkan kode konfirmasi pada saat pertama kali membuka aplikasi WhatsApp. Nah, sekarang nomor akun WhatsApp anda telah berubah dan siap digunakan untuk berkirim pesan dengan teman anda :)

2 komentar: