Kamis, 20 Februari 2014

Aktifkan Android Device Manager Smartphone Anda


Dengan berkembangnya era smartphone Android, sekarang orang bisa melakukan banyak hal dengan handphone miliknya. Mulai dari browsing,chatting,kirim email,dan masih banyak lagi. Selain itu, tentu saja di ponsel kita juga biasa menyimpan file-file pribadi maupun file-file penting lainnya. Bagaimana perasaan anda bila ponsel anda hilang,kecopetan atau lupa menempatkannya? Tentu anda akan merasa sedih dan sangat kehilangan bukan. Jangan khawatir, sekarang pada Android telah dilengkapi dengan fitur bawaan yang bisa difungsikan untuk melacak lokasi ponsel anda tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Fitur ini bernama Android Device Manager. Perlu diingat juga, fitur ini hanya tersedia pada Android versi 2.2 (Froyo) keatas, jadi Android dengan versi OS dibawahnya belum dapat menikmatinya. Tapi dengan pesatnya perkembangan Android, ponsel Android ber-OS dibawah Froyo yang beredar di pasaran  mungkin hanya tinggal sedikit saja.

Dengan Android Device Manager ini, kita bisa mencari lokasi, membunyikan alarm, mengganti password atau bahkan menghapus data ponsel kita dari jarak jauh. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan GPS pada ponsel, serta alat pelacak yang bisa berupa PC,tablet,laptop maupun smartphone lain yang tentu saja dengan koneksi internet juga untuk membuka browser.Mau tau cara mengaktifkan Android Device Manager anda, simak langkah-langkah berikut ini :

1.Pertama, pastikan handset telah diaktivasi menggunakan account gmail anda, jika belum maka service ini tidak bisa digunakan. Jangan lupa juga aktifkan GPS, agar Android Device Manager bisa menemukan lokasi device.
2.Kemudian buka menu Setting,pilih Security, buka Device Administrators.
3.Aktifkan Android Device Manager dengan men-check (v) pada check box di sisi kanan.
4.Fitur locator akan aktif dengan sendirinya setelah  Android Device Manager diaktifkan, tetapi fitur "Allow to Remote Factory Reset" harus diaktifkan secara manual (diaktifkan dahulu pada menu tadi). Ini akan memberikan kita akses untuk mereset perangkat Android melalui internet.

Sedangkan untuk melihat melalui alat pelacak (dalam hal ini PC/laptop/smartphone) yang tentunya telah memiliki koneksi internet, berikut langkah-langkahnya:
1.Buka browser dan ketik alamat berikut: www.google.com/android/devicemanager
2.Login menggunakan akun Google seperti pada perangkat Android anda.
3.Muncul peta dan lokasi device berada, serta beberapa perintah yang dapat dilakukan, seperti membunyikan ringtone device, mereset password device yang sudah ada dan menggantinya dengan password baru dan menghapus data, semuanya dilakukan secara remote. Setelah itu giliran anda menentukan, pilihan mana yang akan anda eksekusi.

Mulai sekarang, device android anda sudah cukup terlindungi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Cukup mudah bukan cara mengaktifkan Android Device Manager smartphone anda?! Selamat mencoba....  :)

1 komentar: