Senin, 29 Desember 2014

Monument Valley Forgotten Shores, Ekspansi Game Terbaik 2014


Monument Valley Forgotten Shores, Ekspansi Game Terbaik 2014

Monument Valley adalah game puzzle mobile yang digagas oleh studio game indie Ustwo. Dalam permainan ini, pemain akan membimbing Putri Ida melalui  yang dipenuhi oleh ilusi optikal dan obyek-obyek khayali yang sebenarnya tak mungkin terwujud.

Monument Valley sendiri dikembangkan selama lebih dari 10 bulan sejak awal 2013 dengan basis gambar-gambar karya Ken Wong. Gaya visualnya yang indah dipengaruhi oleh karya pahatan minimalis, karya-karya cetak Jepang serta game indie Windosill, Fez dan Sword & Sorcery. Ken Wong sendiri menggambarkan gameplay dan desain dari game ini merupakan gabungan antara toko mainan dan dunia Narnia seperti yang ada pada buku novel The Lion, The Witch and The Wardrobe.

Game ini resminya dirilis untuk iOS pada bulan April 2014 dan akhirnya ditransfer ke Android. Memperoleh review yang cukup baik pada peluncuran awalnya, game ini berhasil menyabet penghargaan Apple Design Award 2014 dan dinobatkan sebagai game iPad Terbaik 2014.

Tidak hanya sukses secara estetika, per Juli 2014, game ini sudah terjual lebih dari satu juta kopi. Membuktikan bahwa game puzzle ini juga cukup sukses secara komersial.

Karena kesuksesannya itulah Ustwo memutuskan untuk membuat game expansion atau sempalan dari Monument Valley, game yang berjudul Monument Valley Forgotten Shores resmi diluncurkan pada akhir Bulan November 2014.

Yang menarik adalah pada saat peluncurannya, game ini terlebih dahulu diluncurkan secara ekslusif melalui pasar aplikasi Amazon, bukan langsung di Google Play. Produser eksekutif Ustwo, Dan Gray mengungkapkan melalui email ke situs Polygon ketika ditanya mengenai keputusan Ustwo merilis ekspansi Monument Valley ke Amazon. “Amazon sangat mendukung kami sejak awal dirilisnya Monument Valley dan penjualan aplikasi melalui Amazon AppStore ternyata cukup tinggi.”

Dan Gray melanjutkan, “Amazon sangat mendukung kami dengan berbagai macam cara terutama pada masa-masa krusial ketika kami harus segera meluncurkan versi Android sesegera mungkin. Kami sangat senang akhirnya kami berhasil mempersembahkan versi Android segera setelah versi iOS dirilis.”

Monument Valley Forgotten Shore dibandrol dengan harga $1.99 atau sekitar 25 ribu per kopi sedangkan Monument Valley sendiri dipatok pada harga $3.99 atau sekitar 50 ribu rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar