Jumat, 21 Februari 2014

Tips Menghemat Baterai Ponsel Android


Perangkat android memng sedang booming saat ini. Dengan ponsel pintar ini, kita bisa chatting, streaming, browsing, bermain game disamping fungsi utamanya sebagai telepon. Dengan segudang fitur android, tentu saja ponsel ini rakus akan sumber daya baterai. Rata-rata orang men-charge ponsel android mereka sehari sekali untuk pemakaian normal, bahkan bisa sampai 2 atau 3 kali jika dipakai secara terus-menerus, entah untuk browsing, bermain game atau kegiatan lainnya. Hal ini tentu saja berbeda jauh saat kita masih menggunakan ponsel jadul yang daya tahan baterainya bisa sampai 2-3 hari.

Berikut ini beberapa tips untuk menghemat daya baterai ponsel Android anda:

1.Biasakan untuk memakai baterai anda sampai habis, minimal sampai low bat baru anda melakukan pengisian ulang (charging)
2.Matikan koneksi jaringan yang tidak sedang dipakai seperti WiFi,GPS, ataupun Bluetooth. Ini cukup menguras baterai karena perangkat akan mengirim dan menerima data secara terus menerus jika anda tidak mengontrol penggunaan koneksi ini.
3.Atur kecerahan layar ponsel anda. Ponsel dengan tingkat kecerahan tinggi tentu saja akan lebih boros baterai daripada ponsel dengan kecerahan sedang atau redup.
4.Pilih jaringan sesuai kebutuhan. Jika ponsel Android anda tidak sedang untuk akses data atau lainnya misal saat anda tidur, saya rasa anda bisa menggunakan mode "2G" only saja. Berbeda keadaannya apabaila anda sedang membutuhkan akses data cepat, anda dapat beralih ke "3G". Tergantung bagaimana anda memanajemen penggunaan ponsel sesuai kebutuhan.
5.Setting manual sinkronisasi. Dengan setting manual, hanset anda tidak akan melakukan sinkronisasi secara berkala yang akan menguras sumber daya baterai.
6.Uninstal aplikasi yang tidak diperlukan. Aplikasi yang terinstal di Android anda tentu saja akan berjalan terus dan secara tidak langsung menjadi beban baterai anda karena ponsel akan terus menjalankan aplikasi tersebut. Dengan meng-uninstal aplikasi yang tidak terpakai, otomatis beban kerja ponsel akan menurun dan tentunya pemakaian baterai juga akan berkurang menjadi lebih hemat.
7.Setting Screen Timeout secara normal, jangan terlalu cepat atau pun terlalu lama. Normalnya adalah 30-60 detik
Apabila terlalu cepat misal saat anda baca sms, tapi karena screen timeout terlalu cepat, maka sebelum selesai membacanya, layar sudah mati sehingga untuk menyalakannya harus menekan tombol power,unlock dan baca lagi, ini tentu akan lebih banyak waktu total yg dihasilkan layar menyala. Apabila terlalu lama misal saat sudah selesai membaca sms, tapi krn timeout nya terlalu lama, maka layar tetep menyala, tentu ini akan lebih banyak total waktu yang dihasilkan ketika layar menyala.
8.Pilihlah wallpaper biasa alias gambar diam, bukan gambar animasi (live wallpaper) yang tentu saja akan boros baterai karena mememakan lebih banyak memori.

Demikian Tips Menghemat Baterai Ponsel Android, cukup mudah untuk dicoba di ponsel anda bukan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar