Jumat, 21 Februari 2014

Sistem Operasi Microsoft Windows XP


Siapa tidak kenal Windows, sistem operasi besutan Microsoft ini membanjiri pasaran di semua penjuru dunia termasuk di Indonesia. Sampai saat ini, windows telah merilis Windows 8 sebagai varian terbaru sistem operasinya. Dahulu kita tentu pernah mengetahui operating sistem Windows XP.Bagaimana nasib Windows XP sekarang ini ditengah serbuan Windows 7 dan Windows 8? Ternyata sampai saat ini windows XP yang telah berumur kurang lebih 12 tahun ini masih mendapat dukungan dari Microsoft untuk update antimalware, engine, serta Microsoft Security Essential bahkan sampai 14 Juli 2015.

Padahal, sebelumnya  Microsoft berencana akan menghentikan layanan terhadap Windows XP ini pada 8 April tahun ini. Ini berarti dukungannya masih kurang lebih satu setengah tahun lagi. Meskipun sudah ada varian sistem operasi Windows yang baru, pengguna Windows Xp ini masih tergolong cukup banyak. Microsoft memprediksi, perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows Xp di Indonesia mencapai angka lebih dari 11,4 juta (sekitar 42,65 %). Pihak Microsoft sendiri pernah mengingatkan akan dampak yang akan dihadapi pengguna Windows XP agar beralih ke sistem operasi terbaru. Dampak yang akan dirasakan antara lain resiko keamanan dari virus,malware dan spyware; ketiadaan dukungan teknis dari Microsoft; resiko kegagalan sistem (down time) serta ketiadaan software pendukung.

Hal yang lebih menakutkan lagi adalah, sebagian besar mesin ATM yang ada masih menggunakan sistem operasi Windows XP. Tentu saja OS yang tidak lagi didukung bukan berarti aman dari serangan cyber dari para hacker.Hal ini lambat laun bisa saja dimungkinkan terjadi setelah dukungan dari Microsoft dihentikan karena ancaman yang mengintai bukan hanya dari program dan virus saja, tapi juga stabilitas sistem sebab dukungan teknis yang terhenti. Banyak pengguna Windows XP juga masih merasa bahwa performa operasi sistem ini cukup cepat,ringan dan handal. Padahal, pada sebuah percobaan yang pernah dilakukan oleh seorang arsitek software sekaligus Microsoft MVP, melaporkan bahwa pemikiran tentang Windows XP memiliki performa cepat,ringan dan handal adalah tidak benar. Dari percobaan yang dilakukan pada laptop yang telah berusia kurang lebih 8 tahun, ternyata Windows 8 hampir dua kali lipat lebih cepat dari Windos XP. Percobaan yang dilakukan meliputi lama proses instalasi, waktu booting, dan proses membuka beberapa file seperti file photoshop dan file Word.

Dengan masih adanya dukungan sampai waktu yang telah ditentukan tadi, ada baiknya anda yang masih mengadopsi Windows XP sebagai sistem operasi pada komputer maupun laptopnya untuk segera meng-upgrade patch-patch yang disediakan, akan tetapi untuk jangka panjang dan lebih aman, tidak ada salahnya anda melakukan uprade operasi sistem anda ke versi yang lebih baru. Ini untuk menjaga agar device anda tetap terlindung dari serangan virus dan malware, karena adanya dukungan penuh secara teknis dari Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar