Rabu, 26 Februari 2014

Cara Melakukan Remote Desktop melalui Jaringan Internet



Remote Desktop, mungkin sudah tidak asing bagi anda para pengguna komputer. Dengan Remote Desktop kita bisa mengakses komputer lain di tempat yang berbeda dengan tampilan yang sama persis dengan komputer yang diremote (aslinya) seolah-olah kita berada di depan komputer tersebut. Dengan aplikasi ini, kita bisa meng-copy file dari dan ke komputer tujuan, troubleshooting, setting aplikasi atau program dan lain sebagainya. Biasanya remote ini dilakukan dalam satu jaringan yang terkoneksi jadi satu.

Namun, bagaimana caranya apabila kita akan remote komputer saat berada di tempat lain dimana kita tidak bisa akses ke jaringan kantor, namun hanya ada jaringan internet (publik)? Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang TeamViewer yang merupakan salah satu aplikasi untuk remote desktop via internet. Aplikasi ini sendiri terdiri dari dua versi, yaitu versi gratis untuk penggunaan perorangan, dan versi berbayar untuk kepentingan komersil. Ukuran file installernya pun terbilang cukup kecil, hanya kurang lebih 3 MBan yang dapat anda download di www.teamviewer.com. Aplikasi ini harus diinstal pada kedua komputer, baik yang akan digunakan untuk remote, maupun pada komputer yang diremote. Proses instalasinya cukup mudah, cukup klik Next terus sampai Finish, tanpa perlu setingan khusus. :



Untuk cara pengunaannya sebagai berikut

1.Buka aplikasi TeamViewer, pada tab Remote Control aplikasi ini akan menampilkan ID dan Password anda pada jendela sebelah kiri.
2.Sebelum Remote Komputer, pastikan aplikasi TeamViewer sudah berjalan di komputer yang akan diremote dan anda tahu ID TeamViewer pada komputer tersebut.
3.Masukkan ID komputer tujuan ke aplikasi TeamViewer anda pada kolom "Partner ID" pada sisi sebelah kanan dan pilih Option Button "Remote Control"
4.Klik "Connect to Partner" dan anda akan terhubung dengan komputer tujuan anda.
5.Saat telah terhubung, anda akan diminta memasukkan Password. Setelah memasukkan Password, klik Logon untuk mengakses komputer tujuan.

Selain melalui komputer, sekarang anda juga dapat me-remote komputer melalui handset Android anda. Aplikasi ini dapat anda unduh di Play Store dengan nama Teamviewer for Remote Control dengan ukuran file kurang lebih 11 MB. Dengan aplikasi yang bisa di instal di perangkat Android ini, tentu saja akan memudahkan anda untuk mengakses komputer lain dimanapun dan kapanpun anda berada selama ada jaringan internet. Cara pengunaannya pun tidak jauh beda dengan TeamViewer versi komputer. Selamat mencoba Melakukan Remote Desktop melalui Jaringan Internet dan semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar