Kamis, 27 Februari 2014

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi


Telekomunikasi, hal yang saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Mulai dari kalangan bawah, menengah bahkan atas sering menggunakan teknologi telekomunikasi. Dengan telekomunikasi, orang bisa berinteraksi satu sama lain dengan mudah tanpa terpisahkan jarak, mulai dari fungsi dasarnya untuk telepon dan berkirim pesan singkat (SMS), sampai akses internet kecepatan tinggi, semua sekarang bisa dilakukan melalui ponsel. Teknologi yang saat ini masih dipakai adalah sistem 2G dan 3G, dimana huruf "G" berati Generasi, jadi apabila kita membahas tentang jaringan 3G, artinya kita sedang membicarakan jaringan wireles seluler generasi ke-3. Namun, tahukah anda sejarah dan perkembangan teknologi telekomunikasi yang kita pakai sampai saat ini? Berikut ini saya akan sedikit share apa yang saya ketahui tentang teknologi telekomunikasi yang pernah, sedang dan akan kita pakai sebab tidak ada salahnya juga, kita selaku pemakai teknologi ini untuk mengetahui sedikit tentang hal-hal tersebut.

1G (1st Generation)
Jaringan ini pertama kali diperkenalkan tahun 1980 di Amerika dengan teknologi AMPS (Analoge Mobile Phone System). AMPS pun akhirnya menjadi standar baru teknologi jaringan, dimana tidak diperlukan campur tangan manusia, semuanya sudah otomatis. Pada teknologi ini, ponsel benar-benar hanya dapat digunakan untuk telepon saja, tidak ada yang lain. Dan ukurannya pun boleh dibilang cukup besar, sehingga akan telihat menonjol saat berada di saku anda.

2G (2nd Generation)
2G merupakan singkatan dari 2nd Generation. Pada era ini sekitar tahun 1990-an di Finlandia, untuk pertama kalinya diperkenalkan teknologi jaringan seluler digital, dimana tentunya memiliki kelebihan dari generasi pertama, seperti suara yang lebih jernih, keamanan yang lebih, kapasitas yang lebih besar dan komunikasi menggunakan pesan singkat (SMS). Bahkan perkembangan selanjutnya dari platform teknologi 2G ini sudah mulai bisa digunakan untuk mengakses internet dengan fitur GPRS dan EDGE.

3G (3th Generation)
Teknologi generasi ketiga ini juga sering disebut UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service). Pada generasi ini, menyediakan inovasi baru yaitu pada akses internet,video streaming,video conference, dan video call. Pada perkembangannya, lahirlah HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang masih berjalan pada platform 3G. Era HSDPA juga disebut 3.5G, dimana kelebihannya dari versi 3G yaitu akses internet yang lebih cepat. Sampai saat ini, teknologi inilah yang masih kita pakai sehari-hari pada ponsel kita selain selain 2G.

4G (4th Generation)
Adalah generasi terbaru telekomunikasi seluler yang sedang berkembang saat ini, jenisnya pun beragam yaitu LTE (Long Term Evolution) dan Wimax. Di Indonesia sendiri sistem telekomunikasi seluler ini beberapa masih dalam uji coba, namun sudah ada yang di komersialkan secara luas. Sistem ini digadang-gadang bisa mentransferkan data dengan kecepatan tinggi, puluhan sampai ratusan MB/s.

5G (5th Generation)
Ditengah perkembangan 4G, rupanya ada beberapa negara di luar sana yang sudah mulai mengembangkan lanjutan dari sistem telekomunikasi generasi ke-4, yaitu 5G. Seperti apa dan bagaimana perkembangan teknologi generasi ke-5 ini, kita nantikan saja kedatangannya. Tentu saja generasi kelima duharapkan akan memiliki tansfer data yang lebih cepat dan fitur yang lebih unggul dari sistem 4G.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar