Selasa, 03 Desember 2013

Pulsa Berkurang Sendiri - Cara mengatasinya di BlackBerry Smartphone

Pulsa berkurang sendiri

Baru kemarin TOP SMS banking 50ribu untuk melakukan pembelian pulsa di nomor simPATI dan hanya butuh 2 hari pulsa berkurang sendiri tersisa 59 rupiah di handset BlackBerry 9800  kesayangan ini padahal nomor simPATI tersebut hanya untuk menerima panggilan. Alasan saya menggunakan nomor simPATI sebagai aktivitas sehari-hari saya baca disini. Maklum karena keterbatasan dan kemampuan membeli rumah diperkotaan membuat kami mencari daerah pinggiran kota sehingga tidak semua operator seluler bisa menjangkau area dimana kami tinggal. Selain operator berplat merah, 1 atau 3 bar sinyal yang muncul dilayar handset itupun seringnya drop call pada saat melakukan panggilan.

Mungkin anda pernah mengalami kejadian diatas, pulsa berkurang sendiri padahal pulsa baru diisi dan tidak digunakan untuk browsing, melakukan panggilan maupun sms ke teman atau saudara anda. Beruntung punya teman yang bekerja di salah satu perusahan seluler, Telkomsel sehingga ditulislah pengalaman ini ke teman tersebut. Dan setelah beberapa jam, email jawabanpun masuk ke inbox gmail. Berikut hasil jawabannya.

Berikut Hasil pengecekannya untuk MSISDN 813xxxx (sengaja disamarkan untuk privacy)

Pulsa berkurang sendiri
Berikut transaksi penggunaan akses GPRS dg apn telkomsel
Jadi digunakan untuk akses internet menggunakan APN telkomsel,  jika menggunakan Blackberry, mohon selalu pastikan untuk menghapus WAP2transport pada service books handset Blackberry, karena sifatnya blackberry adalah smartphone (maka handset ini mengakomodir APN operator saat APN blackberry.net mengalami masalah)

Meskipun singkat dan padat penjelasan email itu memberikan saya informasi yang sangat berguna dalam menjawab kegalauan dan beberapa pertanyaan dipikiran ini.Pikiran yang sempat kemana-mana dikarenakan berkurangnya pulsa yang baru beberapa hari diisi.Terus setelah itu apa? bagaimana cara mengatasinya supaya pulsa yang diisi tidak berkurang dengan sendirinya?

WAP2transport service books handset Blackberry
Sempat penasaran juga tentang service books wap2transport ini yang disebutkan diemail dari salah seorang teman diatas. Dari hasil Googling didapatkan WAP2transport merupakan informasi yang diperlukan oleh operator seluler untuk menghubungkan smartphone blackberry ke aksesgateway WAP. Akses ini memungkinkan pengguna handset blackberry untuk terhubung dengan internet. Kita akan menghapus WAP2transport pada BlackBerry untuk mengatasi pulsa berkurang sendiri di BlackBerry, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan

Cara mengatasi pulsa berkurang sendiri di Blackberry Smartphone:

  • Dari menu options > Device > Advance system Settings. (Atau search “service books” di os6+)
  • Pilih Service Books dilayar handset
  • Scroll down dan cari WAP2transport
  • Tekan menu BlackBerry dan pilih "delete"
  • Hard reset dengan cara melepaskan battery  BlackBerry anda untuk merefresh service books. Terlebih dahulu matikan handset anda

Setelah WAP2transport berhasil kita delete, kemudian kita pastikan apn yang digunakan adalah apn blackberry.net.

Berikut cara mengganti setingan apn di handset BlackBerry:

  • Dari menu option > Advance Options > TCP/IP
  • Centang kotak APN settings enable
  • Isi APN Authentication Enable dengan blackberry.net
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas yang cukup mudah diikuti baik anda sebagai pengguna yang baru maupun yang sudah lama menggunakan handset BlackBerry, semoga pulsa berkurang sendiri yang anda alami bisa segera teratasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar