Senin, 29 Juli 2013

BRTI Cek Kualitas Layanan Penyelenggara Telekomunikasi



BRTI dan Telkomsel Selenggarakan Pengecekan Kualitas Layanan Telekomunikasi Seluruh Operator Jateng – Jatim


Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengadakan Pengecekan Kualitas Layanan Telekomunikasi Menjelang Idul Fitri 1434H bersama seluruh Penyelenggara Telekomunikasi dengan rute Semarang – Surabaya dimulai pada hari ini (29/7) hingga esok hari (30/7).

Rute lengkapnya adalah sebagai berikut: Halaman Balmon – Jl. Siliwangi – Tugu Muda – Simpang Lima – Majapahit – Tol Gayamsari – Sukun – Ungaran – Bawen – Alun-alun Salatiga – Boyolali – Kota Solo – Stadiun Manahan Solo – Sragen – Mantingan – Ngawi – Madiun – Saragan – Nganjuk – Kertosono – Jombang – Alun-alun Mojokerto – Masjid Al-Akbar Surabaya.

Pengecekan kulaitas jaringan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi menjelang musim arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2013. Tujuan dari pengecekan ini adalah agar pada saat Lebaran nanti, baik sebelum maupun sesudahnya, layanan telekomunikasi dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakat.

Pengecekan yang dilakukan adalah sebagai berikut : Call Attempts, Blocked Call, Dropped Call, % Success Call, % Dropped Call, Success SMS, dan Download Data.

Didik Akhmadi, Komisioner BRTI mengatakan ”Tujuan diadakannya pengecekan kualitas layanan komunikasi pada lebaran tahun ini antara lain adalah untuk menjamin bahwa layanan kebutuhan masyarakat akan komunikasi dapat terpenuhi dengan baik mulai dari SMS, telpon dan internet.”

Adanya pengecekan kualitas layanan data pada tahun ini dikarenakan kebutuhan internet semakin meningkat seiring dengan tumbuhnya pengguna smartphone. Untuk itu antisipasi lonjakan trafik perlu dilakukan, terutama pada pusat keramaian mudik seperti di pelabuhan, terminal bus, bandara serta titik-titik kemacetan arus mudik atau balik.

Pada kesempatan yang sama, Ustriklanov Z. Titus, GM ICT Operation Region Jawa Tengah-DIY mengatakan “Kegiatan ini merupakan bentuk nyata tanggungjawab kita dalam kesiapan menjaga kualitas jaringan baik SMS, telpon maupun penggunaan akses internet di saat lebaran tahun ini. Sebagai bagian dari komponen masyarakat, kita sadar dan bertanggungjawab untuk memberikan kemanfaatan yang lebih dari sekedar menyediakan layanan komunikasi berkualitas bagi masyarakat”.

Bazaruddin Manggile, Koordinator Drive Test Lebaran 1434H, menyatakan “Dalam kegiatan ini, Telkomsel dipercaya oleh BRTI dan Balmon sebagai koordinator dalam pengecekan signal, dengan mengajak seluruh operator yang ada di Jawa Tengah seperti Telkom, Indosat, SmartFren, Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT), Bakrie Telecom, Natrindo Telepon Selular (NTS), XL Axiata dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI).”

Semoga segala upaya yang dilakukan ini mampu memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur terutama dalam pemenuhan kebutuhan komunikasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar