Sabtu, 01 Maret 2014

Tips dan Trik DIsable Shutdown Restart Sleep dan Hibernate di Komputer



Pada komputer dengan sistem operasi apapun, pasti memiliki menu Shutdown,Restart,maupun Hibernate. Tapi ada kalanya kita membutuhkan kondisi agar menu tersebut tidak bisa diakses (disable) karena suatu kepentingan, misal dalam menjalankan suatu program dimana kita harus meninggalkan komputer, sedangkan komputer yang kita pakai juga biasa dipakai orang lain. Lalu, apa yang harus kita lakukan supaya komputer kita tetap menyala, tidak hibernate, maupun tidak di restart bahkan di shutdown oleh orang lain?

Tips dan Trik DIsable Shutdown Restart Sleep dan Hibernate di Windows


Windows XP:
1.Pertama, masuk ke "RUN" command (Tekan Win+R)
2.Ketik "gpedit.msc" dan tekan "ENTER", kemudian akan muncul jendela "Local Group Policy Editor"
3.Klik "User Configuration" pada jendela sebelah kiri kemudian double klik folder "Administrative Template".
4.Akan muncul beberapa folder pilihan dibawahnya, klik folder "Start Menu And Taskbar"
5.Pada jendela sebelah kanan, cari file "Remove and prevent access to the Shut Down Command" dan double klik file tersebut.
6.Setelah file tersebut dibuka, akan muncul pilihan "Not Configure","Enable",dan "Disable". Pilihlah "Enable" kemudian klik "OK"

Windows 7:
1.Masuk ke "RUN" command (Tekan Win+R) dan Ketik "gpedit.msc" tekan "ENTER" kemudian akan muncul jendela "Local Group Policy Editor"
  Atau bisa juga dengan klik "START", pada "Search Proram and Files" anda ketikkan  "gpedit.msc" lalu tekan "ENTER", maka jendela "Local Group Policy Editor" akan muncul.
2.Klik "User Configuration" pada jendela sebelah kiri kemudian double klik folder "Administrative Template".
3.Akan muncul beberapa folder pilihan dibawahnya , klik folder "Start Menu And Taskbar"
4.Pada jendela sebelah kanan, cari file "Remove and prevent access to the Shutdown, REstart, Sleep, and Hibernate" dan double klik file tersebut.
5.Setelah file tersebut dibuka, akan muncul pilihan "Not Configure","Enable",dan "Disable". Pilih "Enable" kemudian klik "OK"

Nah, sekarang menu Shutdown,Restart,maupun Hibernate pada komputer anda telah disable alias tidak bisa digunakan, bahkan lewat "Task Manager" sekalipun, pilihan "Shutdown" juga tidak bisa digunakan. Tapi anda tidak usah khawatir, anda masih bisa men-shutdown komputer anda bila memang dibutuhkan meskipun pada kondisi Disable seperti diatas, yaitu dengan menuliskan "shutdown/s" untuk Shutdown atau "shutdown/r" untuk restart pada "RUN" Command. Sedangkan untuk mengembalikan kondisi "Disable" ke semula, anda hanya perlu mengulangi langkah-langkah diatas kemudian ganti pilihan "Disable" dengan "Enable". Cukup mudah bukan?! Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar