Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Mengamankan Copy Data Komputer ke Removable Storage


Seiring perkembangan jaman dan teknologi, Komputer dan laptop sekarang sudah bukan menjadi barang mewah lagi karena harganya yang mulai terjangkau dan sering dipergunakan dalam berbagai bidang pekerjaan. Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang pula satu komputer sering dipakai oleh beberapa orang secara bergantian. Hal ini yang membuat kita sering khawatir bila data-data penting kita  terlebih lagi file-file yang bersifat pribadi disalin atau di-copy oleh orang yang tidak berkepentingan. Tentu saja kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan?! Salah satu cara untuk mengantisipasi agar data-data anda tidak di-copy atau diambil begitu saja oleh orang jahil adalah dengan men-disable fungsi copy data ke external atau removable storage.

Berikut Cara Mengamankan Copy Data Komputer ke Removable Storage:

1.Pertama-tama masuk ke "RUN" Command (Tekan Win+R)
2.Ketik "REGEDIT" pada "RUN" Command lalu klik tombol "OK"  kemudian akan muncul jendela "REGISTRY EDITOR"
3.Pada jendela "REGISTRY EDITOR", double klik "HKEY_LOCAL_MACHINE" pada jendela sebelah kiri
4.Setelah itu muncul beberapa menu dibawahnya, double klik folder "SYSTEM", kemudian  double klik pada folder "CurrentControlSet"
5.Cari folder "Control", klik kanan pilih "New". Disini ada beberapa pilihan, pilihlah menu "Key" dan beri nama "StorageDevicePolicies"
6.Setelah itu, muncul folder baru dengan nama "StorageDevicePolicies", klik kanan pada folder tersebut dan pilih "New" kemudian pilih "DWORD (32-bit) Value" lalu beri nama "WriteProtect".
7.Buka file "WriteProtect" yang telah dibuat kemudian ubah value datanya menjadi "1" dan klik "OK"
8.Restart komputer atau laptop anda untuk melihat hasilnya.

Taraaa.... sekarang komputer anda tidak bisa meng-copy file ke external storage. Untuk mencoba berhasil atau tidaknya setting yang telah anda buat tadi dengan mencoba meng-copy satu atau beberapa file ke USB Flashdisk atau removable storage lainnya. Jika tidak bisa, maka setting yang anda buat telah berhasil. Sedangkan untuk mengembalikan setting yang telah anda buat, cukup dengan mengubah Value Data pada file "WriteProtect" menjadi "0", atau bisa juga dengan menghapus "Key" dan "DWORD" yang tadi dibuat. Mudah bukan? Selamat mencoba...

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus