Sabtu, 08 Februari 2014

3 Hal Wajib Anda Ketahui Sebelum Membeli Laptop


Dahulu orang-orang sering menggunakan komputer (Desktop PC) untuk membantu pekerjaan mereka. Akan tetapi seiring dengan mobilitas yang tinggi dimana desktop PC tidak bisa dibawa kemana-mana maka orang-orang mulai beralih menggunakan portable PC (Laptop). Dengan laptop, orang bisa menggunakannya dimana saja tanpa terkendala ukuran yang cukup besar seperti desktop PC. Jika dahulu laptop masih merupakan barang mewah dan bagian dari gaya hidup, saat ini memiliki sebuah laptop sudah menjadi suatu kebutuhan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan trend yang ada di masyarakat, fenomena ini dibaca oleh produsen laptop dengan membanjiri pasar dengan berbagai tipe laptop dengan harga yang semakin terjangkau.

Sebagai konsumen hal ini sangat menguntungkan, sebab kita diberikan keleluasaan memilih laptop sesuai dengan budget dan kebutuhan kita. Akan tetapi,lain halnya apabila kita merupakan pengguna baru, kita pasti akan kebingungan dalam memilih laptop yang akan kita pakai. Berikut mungkin bisa anda jadikan rujukan sebelum membeli laptop.

Pertama : Tentukan Tujuan dan Kebutuhan.


Tentukan dahulu tujuan anda, untuk apa laptop akan digunakan misal untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas sekolah, sekedar untuk browsing dan email, untuk yang baru kenal komputer, atau dipergunakan untuk bermain game terbaru.

Misal akan menggunakan laptop untuk bermain game terbaru, maka diperlukan laptop dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Jangan membeli laptop dengan kartu grafis yang ‘on board’ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, sebab kemampuan kartu grafis ‘on board’ jauh dibawah kartu grafis yang add on. Semakin tinggi spesifikasi kartu grafis yang terpasang maka harganya akan semakin mahal sehingga harus disesuaikan dengan budget yang ada :).

Lain halnya apabila laptop yang akan dibeli untuk pekerjaan kantoran seperti mengetik, mengerjakan tugas sekolah, sekedar untuk browsing dan email maka tidak memerlukan spesifikasi kartu grafis yang tinggi sehingga anda bisa mendapatkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah.


Kedua : Pemilihan Perangkat Keras (Hardware)


Setelah menentukan untuk apakah laptop akan digunakan, selanjutnya harus dipikirkan program/software apa saja yang akan dijalankan pada laptop tersebut. Ini untuk menentukan kemampuan prosesor dan RAM dari laptop yang akan anda miliki. Sebaiknya anda mengetahui spesifikasi minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang anda gunakan.Hal ini penting, sebab jika salah dalam menentukan pilihan maka kita tidak akan bisa mengganti jeroan laptop yang sudah dibeli. Semakin mahal harga lapto yang akan dibeli, makasemakin tinggi spesifikasi laptop yang akan kita dapatkan.


Berikut beberapa hardware laptop yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop:

1. CPU.
Prosesor atau CPU menentukan seberapa cepat sistem bekerja dalam mengeksekusi suatu program. Terdapat banyak pilihan CPU yang bisa anda pertimbangkan. Beberapa contoh prosesor besutan intel antara lain : Core i3, Core i5 atau Core i7. Atau ada juga prosessor besutan AMD.

2. Memori (RAM).
Perangkat ini bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak program yang bisa anda jalankan secara bersamaan (multitasking) maupun menjalankan program-program berat seperti pengolah grafis dan video.

3. Hard Drive (Media Penyimpanan).
Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data/file dalam waktu yang lama. Semakin besar kapasitas Hard Drive maka semakin banyak file yang bisa disimpan.

Selain perangkat utama diatas,ada juga perangkat tambahan dengan beragam spesifikasi yang ada pada laptop yang mungkin juga bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih laptop. Beberapa perangkat tersebut antara lain fasilitas WiFi,Bluetooth, Card Reader, Optical Disk Drive (CD-ROM,DVD-ROM,CD-RW,DVD-RW), slot USB, slot VGA, slot HDMI, speaker, dan lain-lain.

Ketiga : Garansi


Saat membeli laptop selalu perhatikan garansi yang ditawarkan, sebab laptop merupakan elektronik yang terbilang cukup mahal yang rentan akan kerusakan. Selain garansi, yang tidak kalah penting adalah ketersediaan layanan purna jual disekitar tempat tinggal anda. Hal ini mengantisipasi bila terjadi kerusakan dan anda bingung mau membawa kemana untuk memperbaiki laptop.


Sedangkan untuk anda yang akan membeli laptop second alias bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

1.Periksa kondisi hardware baik melalui OS maupun software tambahan (misal Software untuk mengecek kondisi Hard Drive).
2.Periksa perangkat-perangkat pendukung (WiFi,Bluetooth, Card Reader, Optical Disk Drive , slot USB, slot VGA, slot HDMI, speaker, dan lain-lain) apakah masih berfungsi normal atau tidak.
3.Pastikan baterai masih bagus.Minimal masih bisa bertahan 30 menit.
4.Pastikan engsel bekerja dengan baik,coba buka tutup dan saat kondisi buka, coba sampai sejauh mana layar dapat terbuka.Pastikan juga body sekitar engsel tidak ada retakan sebab hal ini bisa berpengaruh pada performa LCD.
5.Jangan tertipu dengan harga miring.

Sekian beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan saat akam membeli laptop. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar