Minggu, 09 Februari 2014

Cara Setting Security pada Android



Tidak bisa dipungkiri, ponsel saat ini boleh dibilang menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari di mana di dalamnya terdapat berbagai hal selain untuk telepon dan SMS. Pada ponsel, terlebih smartphone kita biasanya menyimpan data-data pribadi seperti seperti foto, dokumen, email, dan lain-lain. Oleh karenanya, sebisa mungkin kita menjaga ponsel kita dari sentuhan tangan-tangan jahil, dengan kata lain hanya pemilik ponsel yang bisa membuka akses ke dalamnya. Pada ponsel ber-OS Android, telah terintegrasi fungsi security, sehingga memberikan sedikit kemungkinan orang lain dapat menggunakan ponsel kita. Security pada Android sendiri ada beberapa tipe dan berikut ini sedikit pembahasannya :

1.      None (Tanpa Security)

Sesuai dengan namanya, pilihan security ini tanpa kunci khusus. Dengan kata lain bisa dioperasikan oleh siapa saja.

2.      Slide / Swipe (Geser)

Slide merupakan standar security yang digunakan oleh OS Android. Pada pilihan security ini, ponsel akan terkunci setelah layar mati. Untuk membuka kuncinya, pengguna tinggal menyalakan layar dan mengusap layar sesuai petunjuk yang ada.

3.      Face Unlock (Pengenal Wajah)

Pilihan security yang mulai diadopsi pada OS Ice Cream Sandwitch (ICS) ini sedikit berbeda, ponsel hanya bisa diakses atau diaktifkan  menggunakan wajah orang yang sudah terekam sebelumnya untuk mengunci layar.
Berikut cara men-setting Face Unlock :
·         Buka menu Setting, pilih menu Security kemudian pilih menu Screen Lock.
·         Pilih menu Face Unlock kemudian pilih Set It Up.
·         Setelah itu muncul pemberitahuan untuk hasil terbaik, kemudian pilih Continue.
·         Hadapkan kamera depan sejajar dengan wajah anda (proses ini memerlukan waktu beberapa detik)
·         Jika hasil dirasa kurang bagus, bisa diulang kembali.
·        Setelah selesai akan muncul pilihan security lain, ini dimaksudkan agar saat anda gagal menggunakan Face Unlock untuk membuka security, anda bisa menggunakan alternatif pengamanan tersebutmdan proses pembuatan Face Unlock telah selesai.

4.     Pattern (Gambar Pola Garis)

Security model ini mejadi kegemaran sebagian besar pengguna Android, karena untuk membukanya kita harus menggambar suatu pola garis dari satu titik ke titik lainnya menjadi kombinasi keamanan yang hanya Anda saja yang mengetahuinya.
Cara menggunakan security pattern:
·     Buka menu Setting, pilih menu Security kemudian pilih menu Screen Lock.
·     Pilih menu Pattern, lanjut dengan memilih menu Next.
·     Setelah muncul Draw and  Unlock Pattern, gambarkan security yang ingin anda gunakan untuk membuka layar minimal menggunakan 4 titik.
·    Apabila berhasil akan muncul pesan Pattern Recorded, kemudian pilih Continue dan anda akan diminta mengulangi gambar yang sudah dibuat.
·    Setelah mengulangi gambar pattern akan muncul pesan “You new unlock pattern”, pilih menu Confirm untuk mengaktifkannya dan proses telah selesai.

5.      PIN (Kombinasi Angka)

Security model ini pasti sudah tidak asing lagi, karena security model ini tidak hanya ada di Android, sebelumnya juga sudah ada di ponsel OS Symbian, ponsel Windows Phone dan juga sering digunakan pada media lain seperti ATM dan lain-lain. Security ini dibuat berdasarkan kombinasi beberapa angka untuk mengakses ponsel. Berikut ini cara untuk mengaktifkannya:
·         Buka menu Setting, pilih menu Security kemudian pilih menu Screen Lock.
·      Pilih menu PIN, kemudian masukan kombinasi angka yang Anda inginkan (min. 4 angka), lalu pilih Continue.
·         Masukan kembali kombinasi angka yang sudah dimasukan tadi, kemudian pilih OK, dan lock screen PIN sudah aktif.

6.      Password

Security yang satu ini bisa dibilang sangat aman, karena bisa mengkombinasikan angka maupun karakter, jadi menghasilkan security yang cukup susah untuk dipecahkan.
·         Buka menu Setting, pilih menu Security kemudian pilih menu Screen Lock.
·    Pilih menu Password, masukan kombinasi Password yang diinginkan (minimal 4 karakter) bisa angka,huruf atau karakter lainnya.
·        Setelah itu pilih Continue, dan masukan kembali kombinasi Password yang telah dibuat, pilih OK, dan Password pun sudah diaktifkan.

1 komentar: