Rabu, 04 September 2013

Google Resmi Umumkan "KitKat" Sebagai Nama OS Android Versi 4.4

Google sudah mengkonfirmasi bahwa mereka telah merilis Android terbaru versi 4.4 yang mereka beri nama Android KitKat. Sebelumnya muncul rumor bahwa Google akan memberi nama sistem operasi terbaru mereka untuk perangkat komunikasi ini dengan sebutan Android Key Lime Pie, namun yang terjadi adalah Google memberi nama OS terbaru ini dengan sebutan KitKat. Menarik untuk disimak apakah ada hubungan atau kerjasama antara Google dengan produk coklat batangan asal Swiss, sampai-sampai produk mereka digunakan sebagai nama sistem operasi terbaru milik Google, Android. Apakah ada langkah-langkah atau pemikiran tertentu mengenai alasan penggunaan nama itu, tetapi yang pasti adalah penggunaan nama tersebut masih berkaitan sebagai langkah marketing yang ditempuh oleh Google. 
Android KitKat (OS Android 4.4) lebih enak didengar
Tetapi dugaan itu harus diselidiki karena menurut pihak Google, pihak mereka ataupun pihak lain tidak ada yang saling membayar atas penggunaan nama tersebut, dan penamaan tersebut muncul dari pemikiran Google sendiri. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Kerjasama Global Android, John Lagerling, "Tidak ada kesepakatan pertukaran uang dalam penamaan ini", katanya pada sebuah sesi wawancara dengan BBC. Lalu apakah nama itu sudah menjadi hak cipta dari perusahaan makanan dan minuman asal Swiss itu? Apakah Google tidak melanggar hak cipta dan plagiarisme? Patut disimak apakah ada komplain dari pihak yang menggunakan nama itu terlebih dahulu atau tidak.

Lebih lanjut menurut Lagerling, nama KitKat terdengar sangat menyenangkan dan ide penamaan itu sangat tidak disangka. Sementara Android sudah banyak versi yang dirilis, yaitu Android Cupcake, Android Donut, Android Eclair, Android Froyo alias Frozen Yogurt, Android Gingerbread, Android Honeycomb, Android Ice Cream Sandwich, dan Android Jelly Bean. Dengan munculnya Android terbaru, yaitu Android KitKat - yang hampir semuanya merupakan nama-nama makanan - maka konsumen penggemar sistem operasi Android akan semakin dimanjakan karena sistem operasi baru berarti akan ada fitur atau aplikasi baru yang ditawarkan. Tetapi yang pasti adalah tampilan atau user screen yang pasti akan lebih memikat dan lebih menawan daripada sistem operasi Android versi-versi sebelumnya.

1 komentar:

  1. Silahkan memasang i-fram Vlog dalam Blog Anda agar kami dapat publish postingan Anda. -Admin Vlog-

    BalasHapus