Minggu, 09 Februari 2014

Trik Bagaimana Menyembunyikan File Gambar, Musik, Video Atupun MP3 di Android

Sembunyikan File Gambar, Musik, Video Atupun MP3 di Android


Setelah kemaren saya sedikit membahas tentang security pada Android dengan menggunakan Lock Screen untuk menghindari tangan-tangan usil, kali ini akan saya bahas mengenai bagaimana cara menyembunyikan file di Smartphone Android kita. Hal ini bertujuan agar file-file penting ataupun pribadi kita tidak disalahgunakan atau diusili oleh orang lain.

File yang dimaksud disini bisa berupa gambar,video,MP3,maupun folder sekaligus. Caranya cukup mudah,hanya dengan menggunakan aplikasi file manager bawaan ataupun aplikasi file manager lain yang di instal pada smartphone kita. Untuk kali pertama ini saya mencoba menggunakan aplikasi Root Explorer untuk mencoba trik ini:

1.Pertama-tama buka aplikasi Root Explorer.
2.Pilih Menu, kemudian klik Preference.
3.Setelah itu akan muncul banyak menu pilihan, pilih menu Show Hiden Files Hidden Files and folders (starting with a dot) are displayed (pada handhel saya, pilihan ini defaultnya telah di check (V)).
4.Uncheck pilihan tersebut, maka menu akan berubah menjadi Show Hiden Files Hidden Files and folders (starting with a dot) are NOT displayed.
5.Keluar dari menu Preference (kembali ke folder directory).
6.Pilih folder/file yang akan di sembunyikan (hidden).
7.Pada sisi kanan file tersebut ada check box, silahkan check folder yang akan disembunyikan.
8.Seteleh file dipilih, cari menu rename atau klik menu, pilih rename apabila yang akan disembunyikan berupa file,bukan folder. Ganti nama folder/file yang akan disembunyikan cukup dengan menambahkan titik (.) di depan nama file/folder tadi, kemudian klik OK.
Contoh: Nama Folder = Gambar ===> rubah menjadi = .Gambar
Nama File = foto.jpg ===> rubah menjadi = .foto.jpg
9.Done, your file is invisible  :)


Nah, cukup mudah bukan,hehehe.... Sekarang anda sudah tidak perlu khawatir lagi file pribadi atau penting anda diusik oleh orang atau bahkan teman yang jahil.Cara yang berbeda mungkin terjadi,tergantung pada file manager yang digunakan, tetapi mekanismenya hampir sama. Oh iya,hampir lupa, cara untuk memunculkannya kembali juga cukup mudah, semudah menyembunyikannya,hahaha....tinggal dibalik mekanismenya dari cara menyembunyikannya, untuk jelasnya seperti berikut ini:


1.Buka aplikasi Root Explorer.
2.Pilih Menu, pilih Preference.
3.Check (v) pilihan Show Hiden Files Hidden Files and folders (starting with a dot) are NOT displayed, sehingga menu tersebut  berubah menjadi Show Hiden Files Hidden Files and folders (starting with a dot) are displayed
4.Kembali ke folder directory.
5.Done, your file is visible again :)

Mudah bukan menampilkan kembali file yang telah anda hidden? Tak lebih sulit dari menyembunyikannya kan? Jika file sudah muncul kembali, terserah pada anda apakah file akan direname sesuai nama awal atau dibiarkan saja. Apabila dibiarkan saja (masih memakai titik di depan nama file) maka sewaktu-waktu mau disembunyikan tinggal di setting tanpa harus direname lagi. Selamat mencoba...

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus