Jumat, 16 Januari 2015

Harga Samsung Z1, Ponsel Pertama Tizen


Harga Samsung Z1, Ponsel Pertama Tizen


Sejak lama, keberadaan ponsel cerdas Samsung yang menggunakan sistem operasi Tizen ibarat urban legend, antara ada dan tiada. Pada awal tahun 2013 Samsung menjanjikan akan merilis ponsel high end berbasis Tizen yang akan hadir di akhir tahun, namun janji hanya tinggal janji. Pada tahun 2014 kabarnya Smasung sudah siap merilis perangkat Tizen yang awalnya khusus untuk pasar Rusia, namun lagi-lagi ditunda tanpa penjelasan.

Menjelang 2015, semakin jelas bahwa Tizen sepertinya hanya akan muncul untuk smartwatch dan perangkat televisi saja, namun di pertengahan bulan Januari 2015 secara resmi akhirnya Samsung merilis juga ponsel berbasis Tizen versi 2.3 yang akan diberi nama Samsung Z1. Ponsel dual SIM Samsung ini akan diluncurkan bukan di Rusia, melainkan di India.

Tapi jangan harap bahwa jagoan pertama Tizen ini adalah pahlawan gagah dengan spesifikasi kelas jawara yang akan bersaing dengan iPhone 6 Plus atau Samsung Galaxy Note 4. Samsung Z1 adalah ponsel kelas menengah ke bawah dengan harga 1.1 Juta Rupiah. Bisa dibayangkan bukan kualitas ponsel cerdas Samsung pada kisaran harga setara berdasarkan pengalaman selama ini?

Samsung Z1 memiliki display PLS TFT Capacitive Touchscreen seluas 4 inchi dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixel dan tingkat kepadatan 233 ppi. Dimensi keseluruhan dari ponsel ini adalah 120.4 x 63.2 x 9.7 mm dengan berat 112 gram.

Menggunakan chipset Spreadtrum SC7727S, Samsung Z1 memilih prosesor Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 CPU dengan pengolah grafis Mali-400 sebagai mesin yang ditempatkan di dapur pacunya. Perlengkapan ini masih akan didukung oleh RAM sebesar 769 MB dan internal storage seluas 4 GB, untuk memperluas kapasitas disediakan pula slot microSD yang dapat anda gunakan hingga maksimal 64 GB.

Sektor fotografi tidak dilupakan oleh ponsel murah ini, terdapat kamera belakang dengan lensa 3.15 MP yang dilengkapi dengan LED flash, geo-tagging dan face detection. Tidak terlupa disematkan pula kamera depan dengan lensa VGA.

Kenapa Samsung memilih India? Secara finansial, pasar India dinilai amat kompetitif dan cukup memberikan kontribusi besar bagi ponsel-ponsel menengah ke bawah. Dengan harga yang cukup murah dan nama baik brand Samsung, mampukah Samsung Z1 membuka peluang tersebut? Mari kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar