Sabtu, 22 Februari 2014

Tips Menghindari Mata Lelah di Depan Komputer


Komputer saat ini sudah menjadi alat bantu kerja manusia yang tak terpisahkan, terlebih lagi dengan adanya laptop atau komputer jinjing (portable), orang bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Selain untuk bekerja, orang juga biasanya betah di depan komputer untuk bermain game ataupun untuk browsing. Dengan segala macam fitur yang dita\awarkan, tentunya membuat orang betah berlama-lama di depan komputer yang mengakibatkan mata kita lelah dan kepala terasa pusing. Hal ini tidak dapat dihindari dikarenakan pancaran radiasi monitor saat kita menatapnya cukup lama, meski ada beberapa yang menganggap bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Untuk mengurangi efek mata saat berlama-lama di depan komputer, simak tips berikut ini:

1.Jaga jarak pandang
  Saat mata kita berada terlalu dekat dengan monitor, maka hal ini akan sedikit membahayakan mata. Hal ini disebabkan karena pancaran radiasi dari monitor yang cenderung lebih dekat dengan mata akan membuat mata cepat lelah dan pedih karena jarak pancaran yang relatif pendek. Hal ini akan berbeda jika jarak antara mata dengan monitor dijaga, ya paling tidak 50 cm dari monitor komputer anda, bahkan kalu bisa lebih jauh lagi sehingga efek pancaran radiasi dari monitor bisa dikurangi. Tapi apabila dengan jarak yang jauh membuat anda kurang jelas dalam membaca text, mungkin anda bisa mengatur besar kecilnya font sampai anda merasa nyaman.

2.Gunakan LCD
Monitor LCD sekarang sudah banyak beredar di pasaran, bahkan sekarang sudah beralih ke LED yang lebih hemat daya. Tapi bagi anda yang masih menggunakan  monitor CRT (tabung), ada baiknya anda segera beralih ke LCD ataupun LED. Ini bukan tanpa sebab, monitor CRT mempunyai radiasi pancaran yang lebih besar daripada LCD dan LED. Namun apabila anda ingin tetap menggunakan monitor CRT, alangkah baiknya jika anda menambahkan filter anti radiasi yang akan mengurangi mata lelah dan perih saat menggunakan komputer dengan waktu yang cukup lama.

3.Seting monitor anda
Monitor sekarang tentunya sudah dilengkapi dengan pre-set display mode untuk melakukan seting pada monitor. Disini, pengguna dapat mengatur level brightness, contrast, saturation dan masih banyak lagi lainnya yang tentunya memiliki kegunaan untuk membuat penggunanya bisa menentukan kondisi layar yang paling nyaman untuknya.

4.Jangan matikan lampu saat mneggunakan komputer
Saat menggunakan komputer, terlebih pada malam hari, usahakan ruangan dalam keadaan terang. Hal ini akan membuat mata tidak cepat lelah karena kondisi pencahayaan ruangan juga terang jadi cahaya monitor tidak terlalu terang mengenai mata kita. Apabila menggunakan komputer pada ruangan yang gelap akan menyebabkan mata lebih cepat lelah daripada menggunakannya di ruang yang terang.

5.Mengistirahatkan mata sejenak
Cara simple untuk mengurangi kelelahan pada mata adalah dengan beristirahat secara berkala. Misalnya tiap satu jam, kita istirahatkan mata sekitar 5 menit, melihat-lihat sekitar, melihat jauh kedepan, melihat pemandangan atau bahkan berjalan-jalan akan membuat mata anda segar kembali.

6.Gunakan kacamata anti radiasi
Cara ini terbilang cukup mahal, karena anda harus membeli kacamata anti radiasi. Lapisan anti radiasi pada kacamata ini berfungsi untuk mengurangi efek radiasi berlebih yang datang ke mata kita. Selain untuk digunakan de depan komputer, kacamata ini juga bisa digunakan saat menonton tv, jalan-jalan di terik matahari, dan sebagainya.

Sekian Tips Menghindari Mata Lelah di Depan Komputer yang bisa anda coba dan semoga bisa bermanfaat untuk mengurangi kelelahan mata anda saat menggunakan komputer.

1 komentar:

  1. Kalau masih muda masih mendingan, kalau sudah tua lebih cepat lelahnya karena Faktor usia

    BalasHapus