Minggu, 23 Februari 2014

Tips Mengatasi Lampu Eksternal Hardisk Menyala Meskipun di Safely Remove Hardware


Media penyimpanan eksternal seperti USB Flashdik maupun Hardisk Drive eksternal sudah tidak asing lagi sekarang ini. Dengan alat ini, orang dimudahkan membawa data kemana saja tanpa perlu membawa komputer/laptop untuk men-copy file-file yang besar. Dengan kebutuhan akan penyimpanan yang semakin besar, maka sekarang ini para produsen media penyimpanan portable ini berlomba-lomba menghadirkan pilihan kapasitas penyimpanan.
Saat anda sedang menggunakan USB Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal pada komputer, cara yang paling aman sebelum melepasnya dari USB komputer adalah dengan "Safely Remove Hardware". Dengan Safely Remove Hardware ini, koneksi dari komputer ke USB Flashdisk atau Harddisk Eksternal akan diputus dahulu, sehingga mungkin membahayakan media penyimpanan tersebut  sebab sudah tidak teraliri arus listrik yang ditunjukkan dengan lampu indikator yang mati setelah Safely Remove Hardware. Namun, kita tentu juga kadang menjumpai dimana lampu indikator pada USB Flasdisk masih menyala meskipun kita sudah melakukan Safely Remove Hardware. Dan untuk mengatasi hal ini dengan melakukan sedikit edit pada Registry, akan tetapi ada baiknya jika anda membuat System Restore Point terlebih dahulu sebelum melakukan edit di registry. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1.Tekan Win+R (Masuk ke RUN Command)
2.Ketik "REGEDIT"
3.Setelah masuk ke jendela "Registry Editor" buka folder "HKEY_LOCAL_MACHINE", buka "SYSTEM" pilih "CurrentControlSet", kemudian klik folder "Services" lalu cari dan buka folder "usbhub"
4.Kemudian buat Key baru dengan cara klik pada menu "Edit" pilih "New" kemudian pilih "Key" lalu beri nama "HubG".
5.Buat Key Baru di Registri,masih dalam Key HubG, klik menu "Edit", pilih "New" kemudian "DWORD (32-bit) Value". 6.Rename DWORD tersebut dengan nama "DisableOnSoftRemove".
7.Klik kanan di DWORD "DisableOnSoftRemove" yang baru tersebut, pilih Modify, kemudian isikan angka 1 di kolom value data. Klik OK.
8.Restart Komputer anda.

Selamat mencoba Tips Mengatasi Lampu Eksternal Hardisk Menyala Meskipun di Safely Remove Hardware dan semoga bermanfaat.

1 komentar: