Jumat, 21 Februari 2014

Tips Memilih Power Bank untuk Gadgetmu


Power Bank, aksesoris yang satu ini sepertinya menjadi pelengkapan wajib buat para penggemar gadget. Power Bank merupakan perangkat yang mampu menyimpan daya hingga kapasitas tertentu dan bisa digunakan sebagai alat bantu untuk men-suplay daya pada produk elektronik tertentu seperti iPad/iPhone/iPod, camera, blackberry, mobile, Phone, MP4, psp, gps, dll. Dalam paket penjualannya, biasanya telah disediakan beberapa tipe konektor yang bisa dihubungkan ke perangkat mobile anda. Power bank sangat bermanfaat bagi orang dengan mobilitas tinggi.Dengan Power Bank ini, gadget anda akan selalu ON dimanapun dan kapanpun tanpa perlu lagi kehabisan baterai. Hal ini tentu saja tergantung kapasitas dari Power Bank anda sekalian. Sekarang ini, Power Bank memiliki bermacam-macam pilihan kapasitas, mulai dari 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh, 3000mAh, 5200mAh, 5600mAh, 5800mAh, 6000mAh, 8000mAh, hingga 9000mAh dan sebagainya.

Kali ini saya akan berbagi tips memilih Power Bank, hal-hal berikut ini yang harus diperhatikan:

1.Perusahaan Pembuat
  Pastikan perusahaan pembuat Power Bank yang akan kita beli adalah perusahaan yang ternama dan telah teruji kualitas barang hasil produksinya. Akan lebih baik jika perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman dalam produk baterai.
2.Kapasitas
  Perhatikan kapasitas dari power bank yang akan anda beli. Power Bank yang bai memiliki kapasitas real sesuai dengan apa yang tertera pada spesifikasinya. Ini akan berpengaruh pada berapa kali power bank tersebut mengisi baterai gadget kita.
3.Safety Protection
  Safety Protection pada Power Bank ini sangat penting. Tanpa Safety Protection, gadget memiliki resiko fatal dari kelebihan arus, kelebihan tegangan, kelebihan panas dan perlindungan lainnya yang tentunya akan merusak gadget kita. Selain perlindungan pada output, power bank yang baik biasanya juga memberikan perlindungan terhadap power bank itu sendiri seperti over charging dan overheat. Jadi secara tidak langsung, safety protection ini melindungi power bank sekaligus gadget anda.
4.Fitur
  Power Bank yang beredar saat ini juga memiliki berbagai macam fitur tambahan tergantung tipe dan merk. Fitur-fitur tambahan yang ada antara lain lampu senter, wifi router dan lain-lain.
5.Model
  Model dan ukuran power bank pun bervariasi, dari yang sederhana berbentuk kotak sampai yang unik seperti bentuk mobil-mobilan. Itu semua tergantung selera pengguna. Dengan fungsinya sebagai alat portable yang bisa dibawa kemana-mana tentunya kita menginginkan powerbank yang lumayan kecil dan mudah dibawa kemana saja tanpa memakan tempat.
6.Cell
  Cell yang dimaksud disini adalah baterai yang digunakan dalam power bank. Biasanya,  orang lebih memilih cell buatan Jepang (Japan Cell) karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi.
7.Konektor
  Paket penjualan power bank telah dilengkapi dengan beberapa macam konektor. Akan tetapi saya sarankan anda untuk tetap memakai konektor bawaan gadget anda, karena konektor bawaan gadget lebih bagus dan mengeluarkan daya output yang stabil dibandingkan konektor yang disediakan oleh power bank sehingga lebih aman bagi gadget anda.
8.Harga
  Carilah referensi harga dan tipe-tipe power bank yang ada dipasaran sebagai pembanding. Jangan tertipu dengan harga murah, sebab belum tentu dengan harga murah dengan kapasitas besar akan memiliki kualitas yang lebih baik dari power bank harga agak lebih mahal dengan kapasitas dibawahnya. Kalau kata pepatah bilang, ada harga ada kualitas :)
9.Garansi
  Carilah power bank dengan garansi yang cukup lama, setahun mungkin. Biasanya, produk-produk ternama akan berani memberikan garansi lama, karena mereka tahu kehandalan produk mereka.

Demikian sedikit tips yang bisa saya share kepada anda semua tentang apa saja pertimbangan dalam memilih power bank. Semoga bermanfaat










Tidak ada komentar:

Posting Komentar