Senin, 03 Februari 2014

Media Penyimpan File Online Gratis - Cloud Storage

 Media Penyimpan File Online Gratis

Media Penyimpanan File Gratis dengan Kapasitas yang Besar

Kali ini penulis ingin sedikit membahas mengenai beberapa media penyimpanan online Gratis yang pernah penulis ketahui. Media penyimpanan online sekarang ini sudah semakin banyak digunakan khususnya bagi pengguna gadget ataupun smartphone. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana orang biasa menggunakan gadget untuk keperluan mendengarkan musik, browsing, chatting, email, download dan lain sebagainya, membuat pemilik gadget sering merasa haus akan media penyimpanan yang memadai  khususnya bagi para pengguna smartphone berbasis Android. Untuk mengatasinya selain dengan memindahkan data ke memori eksternal, bisa juga memanfaatkan media penyimpanan online atau biasa disebut  could storage.

Dengan could storage, kita bisa meng-upload file dimanapun dan kapanpun serta melakukan backup maupun restore data dari berbagai jenis ponsel dengan platform yang berbeda-beda (iOS,Android,Windows Phone). Dari berbagai layanan penyimpanan online yang tersedia untuk platform Android, ada beberapa layanan yang dapat digunakan. Berikut ini sedikit ulasan beberapa aplikasi yang pernah penulis ketahui baik di ponsel maupun di PC:

Dropbox Media Penyimpan File Online Gratis dengan kapasitas besar
Meskipun relative kecil (+ 2 GB), Dropbox sangat popular di Google Play. Dropbox merupakan aplikasi penyimpanan online gratis dimana kita dapat menyimpan dokumen, gambar dan video ke server Dropbox melalui aplikasi yang dapat di download dari Google Play. Selain aplikasi mobile terdapat juga versi desktop yang bisa diinstal di PC dengan OS Windows ataupun MAC. Setelah anda menginstal Dropbox (baik PC maupun ponsel) anda dapat dengan mudah mengupload file ke server sehingga file akan secara otomatis tersimpan di server dan dapat di akses dari manapun melalui PC atau ponsel yang memiliki koneksi internet.
Di ponsel Android, kini pengguna dapat memilih untuk mengupload foto dan video secara otomatis ke server Dropbox. Anda juga dapat membagikan file ke teman dengan mengirimkan link atau mengajaknya sebagai collaborator. Collaborator yang dimaksud disini adalah anda maupun teman anda boleh untuk berbagai file dimana keduanya memiliki hak yang sama untuk mengedit file.

 Box


Sama seperti Dropbox, Box memungkinkan pengguna meng-upload ke server dan mengaksesnya baik dari computer ataupun ponsel Android. Box merupakan aplikasi yang menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar (+ 50 GB).
Penawaran ini khusus bagi anda yang telah mendaftar ke akun Box melalui aplikasi Android yang bisa di download secara gratis di Google Play. Sama halnya dengan Dropbox, Box juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dengan teman serta mengirimkan undangan menjadi collaborator kepada teman, sayangnya untuk aplikasi versi desktop kita harus mengeluarkan sejumlah biaya (shareware).
Di aplikasi Box ini memiliki fitur dimana teman anda bisa mengomentari file yang anda share. Sayang ada beberapa kekurangan yang saya dapati di aplikasi Box ini, yaitu aplikasi ini tidak dibekali fitur auto upload sehingga kita harus melakukan backup manual pada ponsel kita.


Google Drive merupakan media penyimpanan online gratisan besutan Google dengan kapasitas sebesar 5 GB. Layanan ini baru saja di luncurkan oleh Google secara bertahap kepada pemilik akun Gmail mulai bulan Mei 2012. Secara keseluruhan fitur yang ditawarkan oleh Google Drive tidak jauh berbeda dengan Dropbox.

Dari ketiga Media penyimpanan file online yang bisa kita dapatkan secara gratis bisa kita coba untuk menyimpan data atau file atau bahkan foto yang akan lebih hemat, aman dan yang pastinya gratis daripada hardisk notebook penuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar