Selasa, 13 Januari 2015

Spesifikasi Alcatel Pop 10, Tablet Lollipop Terbaru


Spesifikasi Alcatel Pop 10, Tablet Lollipop Terbaru


Mungkin anda merasa asing dan belum pernah tahu darimana asal Alcatel, produsen ponsel yang akhir-akhir ini masuk ke pasar Indonesia melalui salah satu situs e-commerce terkenal Lazada dengan produknya Alcatel OneTouch Flash yang saat ini sudah terjual habis melalui program penjualan pre-order.

Siapa dan darimana sebenarnya Alcatel? Alcatel – lengkapnya Alcatel-Lucent adalah perusahaan telekomunikasi tingkat global yang merupakan merger dari dua perusahaan besar Alcatel dan Lucent yang bergabung sejak tahun 2006. Alcatel sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak 1898 dan sempat menjadi perusahaan dimana sang Bapak Penemu Telepon, Alexander Graham Bell bekerja.

Oke, sudah cukup belajar sejarahnya. Melaju kencang ke Tahun 2015, kali ini kita akan membahas tablet yang dirilis oleh Alcatel dan diberi nama Alcatel Pop 10. Sesuai dengan namanya, display yang disajikan pada bagian depan tablet ini berdiagonal mendekati 10 inchi – tepatnya sekitar 9.6 inchi dengan resolusi 1280 x 800 pixel yang kepadatan pixelnya mencapai 157 ppi.

Layar dari tablet besutan Alcatel ini sudah mengusung teknologi IPS LCD capacitive touchscreen dengan koleksi 16 juta warna. Dimensi keseluruhan dari tablet ini adalah 245.2 x 146.4 x 7.9 mm dan bobot totalnya 380 gram. Cukup besar dan berat, bahkan untuk ukuran tablet sekalipun. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy Tab 3 8 Inchi memiliki bobot 314 gram.

Salah satu fitur yang dimiliki Alcatel Pop 10 adalah adanya mobile dock opsional dengan keyboard QWERTY standard dan trackpad yang akan menjadikannya bagaikan netbook hybrid.

Alcatel Pop 10 adalah tablet phone dengan fasilitas call dan sms karena memiliki slot SIM Card, bahkan bukan sembarang SIM Card karena sudah mendukung teknologi 4G LTE Cat 4.

Menjalankan sistem operasi Android 5.0.1 Lollipop, Alcatel Pop 10 menggunakan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan pengolah grafis atau GPU Adreno 306. Untuk kebutuhan memory, tablet ini dilengkapi dengan RAM 1 GB dan internal storage 8 GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD hingga 32 GB.

Sektor fotografi juga tidak dilupakan, Alcatel menyelipkan kamera utama 5 MP dengan resolusi 2592 х 1944 pixel dengan fitur geo-tagging yang nampaknya tidak dilengkapi dengan LED flash, sementara kamera depan menggunakan lensa 2 MP.

Yang terakhir yaitu mengenai sumber pemasok daya, baterai yang digunakan oleh Alcatel Pop 10 adalah non-removable Li-Ion 4600 mAh. Untuk harga dan kapan akan dirilis masih belum ada kepastian dari pihak Alcatel.

1 komentar: