Kamis, 21 November 2013

Inovasi Karyawan Telkomsel Compact Mobile BTS Telkomsel

Peresmian Nama Jenis Compact Mobile BTS Telkomsel

Nama baru untuk tipe-tipe Combat (Compact Mobile BTS) karya inovasi karyawan Telkomsel telah diresmikan oleh CEO Telkom Group bersama Direksi Telkomsel. Peresmian nama tipe Combat ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran 400 unit Combat baru di Lapangan Tegalega Bandung

Combat Cruiser
Combat Cruiser

Hingga saat ini ada 5 ragam Combat yang telah beroperasi dengan nama yang bervariasi. Kelima jenis Combat ini dirancang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kondisi lapangan. Combat pertama mulai beroperasi sejak tahun 2001, jenisnya semi permanen dan mirip dengan BTS konvensional namun bersifat mobile dan temporer. Combat tipe ini dihadirkan di berbagai lokasi yang membutuhkan coverage atau kapasitas selagi menunggu BTS permanen dibangun. Combat jenis ini diberi nama Combat CRUISER (Compact Radio Unit Raised on Rig).

Combat VELOCE
Combat VELOCE


Ragam Combat yang kedua adalah unit BTS yang dipasang dan dioperasikan di mobil sejenis Ford Ranger. Ketinggian antena BTS ini mencapai 10-15 meter dan cocok digelar di daerah bencana ataupun lokasi yang mengalami lonjakan kenaikan trafik secara drastis dalam waktu singkat yang menyebabkan BTS eksisting di sekitar lokasi mengalami blocking kapasitas. Combat jenis ini diberi nama Combat VELOCE (Vehicle-Loaded Cell).

Combat ARROW
Combat ARROW


Ragam Combat yang ketiga adalah unit BTS yang dipasang dan dioperasikan di mobil sejenis trailer. Dibutuhkan kendaraan penarik untuk memobilisasi Combat jenis ini. Tipe ini cocok untuk lokasi hotspot atau tempat berkumpul orang untuk waktu sementara di area urban dan sub-urban, atau rural, yang bisa dilewati oleh mobil penarik trailer. Combat jenis ini diberi nama Combat ARROW (Adaptive Radio On Wheels).

Combat RUSH
Combat RUSH

Ragam Combat yang keempat adalah unit BTS yang ditempatkan di atap gedung tinggi seperti hotel, apartemen, atau rumah penduduk dengan ketinggian tertentu. Combat ini memiliki coverage seperti BTS konvensional karena ketinggian antena yang hampir serupa, namun lebih cepat dalam waktu instalasi dan tidak membutuhkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Combat jenis ini diberi nama Combat RUSH (Radio Unit with Smart Handling).

Combat SPRINT
Combat SPRINT

Ragam Combat yang kelima adalah unit BTS portabel yang ringan dan bisa dijinjing. Combat jenis ini cocok untuk area dengan coverage footprint yang tidak terlalu luas seperti di dalam gedung, yang wujudnya bisa disamarkan sebagai bagian dari sound system. Combat jenis ini diberi nama Combat SPRINT (Smart Portable Radio Unit).

“Pemberian nama kelima jenis Combat ini bertujuan agar kita bisa memiliki rujukan yang spesifik ketika berbicara tentang Combat untuk mencegah miskomunikasi,” kata Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief

Tidak ada komentar:

Posting Komentar