Kamis, 08 Agustus 2013

Telkomsel Pastikan Pelanggan Tetap Nyaman Berkomunikasi Selama Lebaran 2013

Pada H-1 hingga Lebaran tiba, kegiatan berkirim ucapan selamat hari raya makin meningkat dan membuat jalur komunikasi menjadi padat. Untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi selular dengan nyaman, Rabu (7/8), Jajaran Direksi Telkomsel melakukan pemantauan ke Network Operation Center (NOC) yang ada di lantai 5 Kantor Pusat Jakarta.

Pemantauan trafik tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Utama Alex J. Sinaga dan dihadiri pula oleh CTO Telkom Group Rizkan Chandra, Dirut Telkom Sigma Judi Achmadi, serta senior leaders Telkomsel. Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga video conference dengan 11 regional Telkomsel yang ada di seluruh Indonesia untuk mengetahui kesiapan penanganan lonjakan trafik selama Lebaran 2013.

Dari video conference tersebut diketahui bahwa secara keseluruhan trafik voice dan SMS mengalami kenaikan dari hari biasa, namun terdapat penurunan jika dibandingkan pada Lebaran tahun lalu.




Dibandingkan dengan tahun lalu, kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 59,4%, dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik 35-45%. Kapasitas HLR (Home Location Register) tahun ini juga digenjot sebesar 17%. Sedangkan jumlah BSC (Base Station Controller) yang mengkoordinasikan beberapa BTS ditingkatkan 24,6%. Sementara peningkatan kapasitas IN (Intelligent Network) sebesar 34,6% diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Masih untuk mengatasi lonjakan trafik selama libur lebaran, Telkomsel telah menambah 450 BTS baru yang sebagian besar dibangun di Pulau Jawa dan Sumatera. BTS baru ini merupakan bagian dari pembangunan 15.000 BTS di tahun 2013, di mana hingga Juni telah diselesaikan pembangunan 7.500 BTS dengan perbandingan 3G/2G sebesar 70%/30%. Selain itu Telkomsel juga menyiagakan 50 mobil BTS Combat (Compact Mobile Base Station). Penggunaan data mengalami kenaikan yang cukup signifikan secara nasional sebesar 97 persen bahkan di beberapa daerah ada yang 108 persen.
Alex juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja seluruh Tim Telkomsel Siaga atas berbagai improvement. "Dengan banyaknya kemajuan, semoga target perusahaan hingga akhir tahun dapat tercapai," ungkap Alex.


Usai melakukan peninjauan trafik di ruang NOC, Direksi beserta rombongan juga meninjau kesiapan Telkomsel Telecommunications Center (TTC) yang ada di TB Simatupang dalam menghadirkan jaringan berkualitas selama Lebaran. Tidak lupa juga diberikan bingkisan kepada Tim Telkomsel Siaga serta karyawan outsource yang bertugas selama lebaran 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar