Selasa, 20 Agustus 2013

Inovation or Die - Kali pertama Mobile Combat Tanpa BTS Pertama di Dunia



Inovation or Die begitu tagline didunia busines baik itu di industri telekomunikasi maupun industri lainnya. Mobile Combat Tanpa Base Station Transceiver kali pertama diluncurkan oleh salah satu operator seluler karya anak bangsa, Telkomsel.

Peluncuran Combat tanpa BTS merupakan persembahan untuk negeri ini diulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus 2013, di Cipanas Jawa Barat, Direktur Network Abdus Somad Arief, atau yang biasa disapa dengan panggilan ASA, meninjau salah satu inovasi Radio Access Engineering Department, yang diklaim oleh Head of Department, Rury Nazif, sebagai  “Combat Tanpa BTS Pertama di Planet Bumi”.
Combat (Compact Mobile BTS) adalah BTS inovasi Telkomsel yang bisa dibawa ke mana-mana, atau BTS Bergerak. Maka “Combat Tanpa BTS” merupakan varian dari BTS Bergerak ini.
Teknologi SDR (Software Defined Radio) dan miniaturisasi perangkat, pemisahan antara unit-unit utama perangkat BTS, yaitu unit baseband dan unit radio, membawa dampak yang cukup signifikan pada ukuran BTS dan konfigurasi jaringan karena unit-unit utama perangkat BTS bisa ditempatkan pada lokasi berbeda dengan dimensi yang mengecil.
Perubahan konsep dan perkembangan teknologi BTS yang memungkinkan fleksibilitas konfigurasi perangkat BTS membuka kesempatan kepada kawan-kawan Radio Access Engineering untuk berinovasi dengan desain BTS.

“Perusahaan harus terus melakukan inovasi karena teknologi juga terus berkembang. Kita harus pintar-pintar menerapkan teknologi baru dalam jaringan kita,” kata ASA di lokasi Combat BTS. “Oleh karena itu saya mendesak kawan-kawan agar terus memikirkan solusi-solusi yang rendah secara CAPEX dan hemat secara OPEX, untuk dapat diimplementasikan di network kita.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar