Selasa, 04 Februari 2014

Transfer File menggunakan Media Transfer Protocol (MTP)

Transfer File  menggunakan Media Transfer Protocol 


Di era digital seperti sekarang ini, kita tentu tidak asing lagi dengan perangkat-perangkat mobile seperti seperti digital audio player, portable media player, PDA, tablet, smartphone, dan perangkat sejenis lainnya. Perangkat-perangkat tersebut biasanya dihubungkan dengan PC untuk mengakses media penyimpanannya terutama apabila kita ingin meng-copy file dari PC ke perangkat mobile ataupun sebaliknya. Microsoft selaku vendor software raksasa saat ini, telah mengembangkan metode transferfile audio-video pada perangkat portable yang disebut dengan Media Transfer Protocol atau biasa disingkat MTP.

Berbeda dengan mass storage device yang memberikan kontrol mutlak terhadap media penyimpanan pada perangkat, MTP hanya memberikan sebagian kontrol yang berkaitan dengan file lokal saja sehingga saat PC anda hubungkan dengan perangkat yang mengadopsi protocol MTP, perangkat tersebut masih dapat membaca file yang tersimpan pada media penyimpanan.

Sebagai contoh ponsel dengan OS Android (Versi Honey Comb atau Ice Cream Sandwich ke atas) support koneksi semacam ini untuk transfer file. Fitur “gaul” ini sudah dimiliki beberapa jenis gadget seperti iPhone dan iPad dengan iTunes nya. J

Berikut ini beberapa kelebihan dari Media Transfer Protocol (MTP) yang membuat Google memutuskan untuk mengadopsi Media Transfer Protocol untuk melakukan transferfile dari PC ke perangkat Android:
  • Tanpa driver khusus
Jika dulu menggunakan perangkat portable media kita harus menginstal driver yang diperlukan terlebih dahulu supaya terbaca oleh PC, kini MTP tidak perlu melakukan instalasi driver apapun karena Microsoft telah memaketkan driver ke dalam Windows Media Player (versi 10 ke atas) yang memungkinkan user  untuk transfer dan sinkronisasi dari Windows Media Player.
  •  Autosync (Sinkronisasi Otomatis)
Dengan autosync, kini pengguna perangkat yang telah support MTP dapat melakukan pengaturan transfer otomatis file dari Windows Media Player berdasarkan beberapa kriteria seperti file yang baru di tambahkan, rating lagu, jenis music, album lagu dan sebagainya.
  •  Bisa mengenali keterbatasan perangkat
Melalui MTP memungkinkan PC untuk mengenali keterbatasan perangkat media portable yang dihubungkan dengan menyediakan informasi mengenai  kapasitas yang tersisa atau dukungan terhadap file dengan tipe tertentu seperti MP3,MPEG,AVI dan sebagainya.
  •  Perangkat tetap aktif
Yang dimaksud di sini ialah saat perangkat media portable dihubungkan ke PC, file yang tersimpan di storage tetap dapat diakses ataupun digunakan.
  •  Hot Unplug
Pada mass storage device, saat mencabut perangkat dari PC pengguna disarankan melepas secara aman (safe to remove hardware) sebelum perangkat media portable benar-benar dicabut dari PC. Lain halnya dengan MTP, jika anda mencabut perangkat ketika proses transfer data tengah berlangsung, data yang telah masuk ke media penyimpanan/ storage perangkat tidak akan terpengaruh

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mentransfer file dari PC ke perangkat Android dengan protocol MTP :

                          I.            Dengan Windows Media Player
1.    Pertama-tama hubungkan perangkat ke PC sampai muncul menu pilihan, kemudian pilih synchronize media files to this device using Windows Media Player.
2.      Pilih metode sinkronisasi yang anda inginkan bisa automatic ataupun manual.
3.     Jika secara manual, maka akan diminta memilih playlist Windows Media Player disebelah kiri yang merupakan daftar file media yang ingin anda transfer ke perangkat dengan MTP.  Setelah itu klik Start Sync untuk memulai proses transfer.
4.   Jika anda memilih automatic, maka anda akan diminta memilih kriteria sinkronisasi yang diinginkan seperti recently added, most play dan sebagainya. Kemudian klik Start Sync untuk memulai sinkronisasi.

                       II.            Dengan Windows Explorer
1.    Hubungkan perangkat ke PC sampai muncul menu pilihan, kemudian pilih Ketika kotak dialog muncul, pilih open device to view file using Windows Explorer.

2.      Windows akan membuka explorer baru dan anda dapat langsung melakukan transfer file.


1 komentar:

  1. Nice Kak infonya, sangat membantu. Sukses dan sehat selalu kak..
    Perkenalkan juga saya Denny Gunawan mahasiswa ISB Atma Luhur..
    ISB Atma Luhur

    BalasHapus