Rabu, 05 Februari 2014

Indonesia Termasuk Pengguna Smartphone Terbesar di Dunia

Android Indonesia
Perkembangan dunia telekomunikasi beberapa tahun terakhir ini memang cukup pesat. Hal ini juga diikuti dengan perkembangan handset untuk mensupport perkembangan telekomunikasi yang ada. Jika dulu ponsel hanya digukakan untuk telepon dan SMS, sekarang ponsel memiliki fungsi yang lebih beragam. Sekitar tahun 2000 ponsel masih menggunakan layar hitam putih, ringtone monoponic, jaringan 2G, kapasitas memory yang terbatas,dan sebagainya. Hal tersebut sangat berbeda jauh dengan apa yang ada saat ini, dimana sebuah ponsel pintar atau yang lebih sering disebut dengan smartphone, memiliki berbagai fitur tambahan selain fungsi utama nya untuk telefon dan SMS. 

Fitur-fitur tambahan tersebut antara lain : browsing, chatting, video call, GPS, games, MP3 Player, Video Player, Kamera, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Secara hardware handphone pun juga terdapat perkembangan yang sangat cepat, mulai dari layar lebar dengan resolusi tinggi, kamera yang juga beresolusi tinggi, prosesor yang cepat, RAM yang besar, kapasitas penyimpanan yang lega, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat produsen ponsel berlomba-lomba membuat ponsel dengan berbagai type sesuai dengan segmentasi pasar yang dituju, mulai dari Low End, Mid End hingga ponsel High End. Indonesia sebagai salah satu Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia tentunya menjadi pangsa pasar yang menjanjikan bagi para produsen ponsel. 

Pengguna ponsel pintar di Indonesia semakin meningkat. Bahkan, penulis pernah membaca artikel, sebuah lembaga riset menyebutkan bahwa Tanah Air berada di peringkat kelima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di dunia dengan pengguna aktif mencapai 47 juta, atau sekitar 14% dari seluruh total pengguna ponsel. Posisi pertama jelas diduduki oleh China. Dengan populasi penduduk yang lebih dari 1 Miliar ini, tak mengherankan jika Negeri Tirai memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar, yaitu 422 juta. Di bawah China, terdapat Negara Amerika Serikat dengan jumlah pengguna mencapai 188 juta. Di urutan selanjutnya adalah India,Brasil dan Jepang, disusul Indonesia.



Selain perkembangan industri telekomunikasi, trend dan perkembangan Social Media akhir-akhir ini juga turut mendongkrak pertumbuhan pengguna smartphone. Di tengah hiruk pikuk kesibukan, sekarang ini orang senang berinteraksi dengan teman, kerabat maupun relasi melalui social media maupun instant messaging. Di sinilah smartphone berperan untuk memudahkan orang berkomunikasi satu sama lain dengan social media, instant messaging maupun media lain melalui ponsel mereka. 

Dengan cepatnya perkembangan berbagai jenis dan pilihan type ponsel yang ada mulai dari level Low End hingga High End yang hampir beberapa bulan sekali para vendor smartphone mengeluarkan produk terbarunya, membuat kita harus jeli dan bijak dalam membeli atau memilih smatphone. Kita harus bijak dalam memilih smartphone, disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan serta budget yang ada tentunya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar