Senin, 12 Agustus 2013

Kacamata Pintar Google Glass Akan Dijual Dengan Harga USD 300

Harga kacamata pintar Google Glass - Google telah sejak lama mengenalkan kacamata pintar Google Glass ke publik dunia. Namun, hingga saat ini Google belum juga merilisnya ke pasaran. Google memang masih melakukan pengembangan dan penyempurnaan terhadap kacamata pintar pertama itu. Promosi dan kerjasama terus dilakukan untuk mengembangkan kemampuan Google Glass agar bisa lebih aplikatif terhadap dukungan teknologi pihak ketiga.

Meski pihak Google masih enggan membicarakan masalah harga kamera pintar Google Glass, sebuah kabar mengejutkan datang dari Taiwan yang memaparkan bocoran harga Google Glass. Awalnya, google glass diperkirakan akan dilepas ke pasaran dengan harga USD 1.500, namun dalam analisis terbaru Google Glass bakal dilepas dengan banderol yang cukup murah yaitu USD$ 299 atau kisaran Rp 3 juta rupiah.


Bocoran harga tersebut dirilis oleh Topology Research Institute Taiwan (TRIT). Mereka tengah meneliti biaya pembuatan dan harga material penyusun google glass sehingga bisa memperkirakan harga jual google glass nantinya. Salah satu penelitinya, Jason Tsai mengungkapkan bahwa pembelian saham Himax oleh Google turut andil dalam penurunan harga kacamata pintar tersebut.  Pasalnya, Himax merupakan perusahaan pembuat material display yang digunakan google glass. Dengan semakin besarnya saham google di Himax, maka Google bisa mendapatkan komponen display google glass dengan harga yang cukup murah yaitu kisaran 30 - 35 USD. saat ini Google memiliki saham sebesar 6,3 persen di Himax, dan diperkirakan Google akan memaksakan di angka 8,5 persen. Kondisi tersebut memicu biaya produksi untuk pembuatan kacamata google glass menjadi menurun hingga 299 USD.

Selain analisa terhadap biaya komponen google glass Topology Research Institute Taiwan juga mengalisis persaingan pasar kacamata pintar saat ini. Selain Google Glass, saat ini mulai bermunculan produk serupa yang berlabel kacamata pintar. Menariknya, produk pesaing google tersebut dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari pada harga awal yang ditawarkan google glass sebesar USD 1500. Maka tak mustahil jika nantinya Google Glass akan dilepas ke pasaran seharga 299 USD. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar